Honda PCX 150 Akan Diproduksi Lokal

Honda PCX 150 digadang-gadang akan menjadi senjata Honda untuk dapat “merusak” pasaran manis Yamaha Nmax yang saat ini menjadi skuter premium paling laris di Indonesia. Tak tanggung-tangung, untuk melancarkan misinya ini, PT AHM pun dikabarkan akan melakukan produksi motor ini secara lokal. Bukan tanpa alasan, mengingat selama ini PT AHM memang masih mendatangkan Honda PCX 150 ini secara utuh dari Vietnam.

Hal tersebut membuat Honda PCX 150 yang dijual di Indonesia selama ini dibanderol cukup mahal dan membuatnya tidak mampu bersaing dengan Nmax yang dibanderol dengan angka yang lebih murah. Rencana lokalisasi PCX 150 ini pun diungkapkan langsung oleh Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM pada ajang Tokyo Motor Show 2017. Di mana nantinya, Honda PCX 150 yang akan diproduksi di Indonesia memiliki tampilan yang tidak berbeda dengan yang meluncur pada TMS 2017.

Pada ajang TMS 2017 tersebut Honda memang memamerkan Honda PCX 150 ini dalam dua varian. Di mana salah satu diantaranya menggunakan mesin hibrida dan satunya lagi menggunakan mesin listrik. Tentu saja, nantinya yang akan diproduksi di Indonesia tidak akan menggunakan kedua mesin tersebut melainkan akan menggunakan mesin konvensional layaknya para pesaingnya. Namun demikian, PT AHM memastikan jika Honda PCX 150 yang diproduksi lokal nantinya memiliki tampilan yang serupa dengan kedua varian tersebut.

Perlu diketahui, saat ini Honda PCX 150 yang sudah dipasarkan di Indonesia dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yakni mencapai 40 jutaan. Harga ini hampir dua kali lipat dari harga pesaingnya yakni Nmax yang hanya mencapai 25 jutaan saja. Nantinya, jika lokalisasi PCX 150 ini terlaksana, diklaim harga dari Honda PCX 150 ini akan mampu ditekan meskipun tetap lebih mahal dari pesaingnya. Namun selisihnya diprediksi tidak akan terlalu jauh seperti saat ini.

Sementara itu, jika membandingkan penjualan Honda PCX 150 dan NMAX di Indonesia perbandingannya terlihat layaknya bumi dan langit. Di mana Nmax mampu menempati urutan atas sebagai salah satu skuter terlaris di Indonesia. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Honda PCX 150 yang bahkan pada semester 2 2017 yang terjual sebanyak 922 unit saja.